Friday, May 27, 2016

Yang Punya Warnet Harus Baca Ini Jika Ingin Komputer Awet, Tips Merawat Komputer Ala Bagakom

Yang Punya Warnet Harus Baca Ini Jika Ingin Komputer Awet, Tips Merawat Komputer Ala Bagakom- Bagi kamu yang punya warnet harus tahu beberapa hal penting yang harus dihindari jika ingin komputer awet dan tahan lama, karena seringkali para pemilik warnet mengabaikan hal ini dan apabila terlalu lama akan menyebabkan kerusakan fatal pada hardware komputer.

Sekarang ini harga sparepart komputer cukup mahal dan apabila kita tidak merawat komputer maka akan menyebabkan kerusakan dan mengharuskan untuk mengganti sparepart tersebut, dan tentunya mengeluarkan biaya yang banyak.
Nah berikut ini ada beberapa hal penting yang harus kamu hindari jika ingin warnet kita awet dan tahan lama:

1. Memeriksa Kondisi Voltase Listrik
Kondisi Voltase listrik sangat berpengaruh pada kondisi hardware kita, itu disebabkan hardware komputer memiliki ketentuan tegangan yang harus pas dan apabila tidak maka kinerja komputer tidak akan optimal dan dalam kondisi yang lama hal ini akan menyebabkan kerusakan pada hardware kita.
Ada beberapa hardware yang rentan terhadap voltase listrik yang tidak optimal :
  • Power Supply
  • Motherboard
  • Harddisk
Ketiga hardware tersebut sangan rentan terhadap kondisi voltase listrik khususnya Power Supply, apa bila Voltase listrik tidak stabil maka kinerja power supply pun tidak akan optimal, dan hal ini juga berpengaruh secara keseluruhan terhadap hardware yang lain, karena distribusi arus tidak sesuai pada yang dibutuhkan oleh hardware tersebut.

Solusi yang tepat untuk menangani masalah ini ialah gunakanlah Stabilizer Listrik, dan memilih stabilizer ini pun harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan pada warnet kamu. dengan menggunakan alat ini akan mampu menstabilkan tengangan Voltase listrik pada warnet kita, dan yang paling pentingnya ialah dapat menjaga ke awetan kondisi komputer kita. 

2. Bersihkan Debu Secara Berkala

Debu adalah hal yang paling umum dijumpai pada perangkat komputer, umumnya warnet, karena warnet merupakan tempat bermain dan terbuka ini menyebabkan debu cepat menumpuk diperangkat komputer kita, apalagi posisi warnet kita di pinggir jalan besar.

Debu sangat cepat sekali menumpuk apabila tidak sering di bersihkan, dan apabila tidak dibersihkan ini akan sangat mengganggu pada hardware komputer kita, dan apabila dibiarkan dalam jangka yang lama ini aka menyebabkan karat dan tentunya dapat menyebabkan arus pendek pada hardware, apabila ini terjadi maka dapat dipastikan akan menyebabkan kerusakan fatal.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya bersihkanlah komputer secara rutin dan berkala seminggu sekali dan seminimal mungkin sebulan sekali, bersihkan perangkat komputer dengan alat penyemprot debu (Blower) dan Kuas, Blower ini tidaklah mahal harganya untuk kalangan warnet alat ini sangatlah terjangkau, selain itu keuntungan yang kita dapatkan pun tidak sebanding jika terjadi kerusakan pada komputer kita, seperti pepatah kedokteran lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sekian beberapa tips ini semoga bermanfaat bagi kita semua, dan bagi kamu yang sudah membaca artikel ini dan sudah menerapkannya jangan lupa untuk berbagi kepada teman-teman kamu yang mungkin belum tahu hal ini.
terima kasih

Comments

2 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Tinggalkan Komentar Anda dibawah ini :
Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon